Wednesday, May 10, 2023

Pallete Warna yang paling sering digunakan

Sekitar satu dekade terakhir, interface atau antarmuka perangkat lunak dan website banyak diwarnai dengan corak warna yang bisa dikatakan mirip. Warna-warna pastel yang kemudian sangat populer itu terlihat menarik, menyegarkan dan lembut untuk dilihat pada website.


Mereka terlihat harmonis dan tidak bertabrakan satu sama lain secara kontras. Perpaduan yang harmonis itu menyebabkan sebuah website atau antarmuka perangkat lunak terlihat lebih nyaman dan indah untuk dipandang secara berlama-lama. Anda mungkin mengenalnya sebagai warna biru laut, merah muda, krem, atau abu-abu muda. Dalam dunia desain grafis, warna-warna muda tersebut dikenal dengan nama warna pastel. Saat ini warna pastel sedang naik daun dan digemari oleh banyak orang untuk membuat tampilan website atau perangkat lunak yang lebih nyaman dipandang.


Cara Membuat Warna Pastel 

Secara teori, warna pastel dibuat dengan cara menambahkan warna putih ke dalam warna lain. Hasilnya adalah sebuah kombinasi warna yang unik dengan tingkat kontras yang lebih rendah, tetapi bagi banyak orang dirasa lebih nyaman dan indah dilihat. Dalam komputer, Anda bisa menggunakan aplikasi editor grafis apapun untuk membuat warna pastel, dengan cara menambahkan layer putih di atas warna tertentu, dengan tingkat transparansi yang sesuai selera. Selain itu, setiap aplikasi grafis editor juga menyediakan palet warna yang bisa Anda pilih secara manual untuk menemukan warna pastel di dalam gradasi palet yang ada.


Penggunaan Warna Pastel untuk Website 

Tidak bisa dipungkiri bahwa  saat ini warna pastel telah menjadi begitu populer, tak terkecuali dalam desain website. Tampilan website yang dihias dengan warna pastel terlihat lebih kekinian, penuh semangat muda, dan enak dipandang. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menambahkan warna pastel ke dalam website:


1. Header

Header adalah komponen paling utama yang menarik perhatian pengunjung website. Tampilan Header yang indah akan membuat keseluruhan website tampak lebih menarik. Anda bisa menggunakan gambar dengan warna dominan pastel untuk digunakan sebagai background header. Apabila Anda lebih menyukai header yang sederhana, Anda bisa menggunakan warna pastel untuk font di header. 

2. Tombol Menu Navigasi 

Tombol menu navigasi adalah komponen wajib yang harus ada di dalam website, yang memudahkan pengunjung mencari konten secara spesifik menurut kategori atau halaman tertentu. Anda bisa memilih warna pastel untuk tombol menu navigasi, supaya terlihat lebih harmonis dengan header.

3. Font 

Judul website, judul artikel, dan widget, adalah komponen selanjutnya yang bisa Anda tampilkan dengan memakai warna pastel. Untuk detailnya bisa Anda sesuaikan dengan warna dominan di header, atau sesuai selera Anda. 

4. Ilustrasi 

Ilustrasi adalah komponen paling inti dalam menambah daya tarik tampilan website. Salah satu contohnya adalah Ilustrasi yang menarik pada thumbnail dan artikel, akan membuat website Anda lebih indah dan menarik  minat pengunjung. Anda bisa membuat, mencari atau mengedit ilustrasi gambar yang didominasi oleh warna pastel, supaya terlihat lebih menarik. Apabila tidak memiliki keterampilan dalam editing gambar, Anda bisa menyewa jasa ilustrator untuk membuat ilustrasi yang menarik. 

5. Footer 

Footer adalah tampilan paling bawah dari website yang memiliki peran sama pentingnya dengan header, untuk memberikan tampilan yang indah. Anda bisa menggunakan warna pastel yang disamakan dengan warna header pada footer, sehingga tampak lebih seragam dan menarik. 


Contoh Warna Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang warna pastel, berikut saya lampirkan contoh sebagian palet warna pastel yang mungkin bisa dijadikan inspirasi untuk mempercantik tampilan website. Masih ada banyak gradasi warna pastel yang lain yang bisa dipilih, sesuai dengan selera dan kepribadian Anda.


Kesimpulan Pop culture adalah bagian dari peradaban manusia. Tidak hanya dalam dunia musik, film, seni lukis, teater dan lainnya, pop culture juga menjamah dunia teknologi informasi. Orang-orang akan cenderung mengikuti tren yang sedang naik daun dalam pop culture, supaya bisa mendapatkan banyak perhatian dari sebanyak mungkin manusia.  Warna pastel adalah tren yang bisa Anda ikuti untuk membuat tampilan website terlihat lebih kekinian, fresh, dan menarik.

0 Comments

Post a Comment